Konsultasi Keluarga Muslim

berbagi suka...duka...luka...kecewa

Monday, January 29, 2007

aktifitas Suami

Saya adalah seorang wanita yang telah ditinggal meninggal suami selama 10 tahun
Menginjak tahun ke 8 saya berkenalan dengan seorang pria yang usianya lebih mudah 6 tahun sedangkan usia saya pada waktu berkenalan saat itu 38 tahun dan pada saat itu pria tersebut sedang ada masalah dengan keluarganya karena telah kurang lebih 1 tahun pisah rumah dan diakhir dengan perceraian.

Setelah berhubungan selama kurang lebih 3 tahun akhirnya kami memutuskan untuk menikah walau tanpa sepengetahuan pihak keluarga suami karena masalah sesuatu hal dan tidak ingin membuat shok orang tuanya setelah perceraiannya serta kami masih merahasiakan status kami di tempat kerja kami, oh iya kami berdua dalam satu kantor tetapi beda dinas dan sampai sekarang pihak keluarga suami belum mengetahui. Tapi setelah menikah ada perbedaan yang mungkin saya sendiri bisa memahami tetapi suami saya itu orangnya sangat keras kepala sehingga kalau saya mengeluarkan kata-kata saya dianggap telah melawan atau menjadai istri yang tidak patuh dengan suami. Yang menjadi permasalahan saya pada saat ini adalah :

Setelah kami menikah suami saya meneruskan kuliahnya kembali keperguruan tinggi negeri karena pada saat itu baru menyelesaikan DIII dan ingin mengambil S1 tetapi suami jarang pulang kerumah karena ingin belajar di rumah temanya atau menyelesaikan tugas-tugas kuliah saya memakluminya.

Sering pulang kerumah orang tuanya, saya mengerti karena memang seorang anak itu harus berbakti terhadap orang tuanya tetapi apa salah kalau saya menuntut pertanyaan kenapa sering menginap kerumah orang tuanya sedangkan kalau orang sudah menikah itu tidak harus selalu menginap tetapi cukup kita memperhatikan
Selalu mengungkit masa lalu saya, sedangkan saya ini orang baik-baik tidak pernah menyeleweng dari kodratku sebagai istri

Saya ingin mempertahankan perkawinan ini tapi bagaimana dan apa yang harus saya lakukan ?
Terima kasih
Wassalam
Diah Sabariah DiahS@..........

Jawaban Pengasuh
Assalamualikum wr wb,


Mbak Diah yang baik,


Apa yang Mba Diah alami sangat disesalkan karena sikap untuk tidak ingin pernikahan mba Diah diketahui orang tua/ keluarga juga teman-teman dengan batas waktu yang tidak ditentukan akan membuat Mbak Diah agak sulit untuk mengatasi masalah, saran kami :

  1. Sebaiknya bicaralah dengan suami, tanyakan apakah ia masih mencintai dan menginginkan untuk berrumah tangga, tanyakan juga bagaimana komitmennya dengan pernikahan yang sudah dijalankan, apakah masih tetap untuk bertahan dengan situasi seperti ini ? menyembunyikan pernikahan)?. ( (membiacarkannya pilihlah moment yang tepat, sampaikan dengan hati-hati, dan yakinkan padanya kalau Mba Diah siap mendengarkan apapun yang disampaikan suami)
  2. Kalau suami Mba Diah masih berkomitmen dengan pernikahan, tanyakan padanya sampai kapan pernikahan ini akan dirahasiakan, sebaiknya buatlah program untuk mulai mengarah ke arah sosialisasi dengan keluarga dan teman-teman di kantor/rumah.
  3. Tanyakan juga padanya apa rencana selanjutnya?
    Bicarakan harapan-harapan Mba Diah pada suami tanyakanlah harapan-harapannya terhadap pernikahan dan terhadap Mba Diah sendiri

Semoga dapat menjadi solusi
Pengasuh

0 Comments:

Post a Comment

<< Home